Cara membuat Tulisan/Teks Berjalan di Video dengan Videopad

Bagaimana cara membuat tulisan (teks) berjalan didalam video? Pertanyaan ini penulis dapat dari komentar facebook dan penulis menjanjikan untuk membuat tutorial tersebut. Membuat Teks Berjalan pada video sangat sederhana didalam videopad, anda bisa memanfaatkan fitur overlay track pada videopad dan memberikan teks tersebut animasi agar dapat bergerak.

Teks berjalan di video, biasa kita lihat pada sebuah acara berita di TV. Biasanya di bawah acara TV tersebut terlihat teks-teks yang berjalan, biasanya berisi skor-skor pertandingan ataupun berita singkat dan ringkas.
Bagi teman-teman yang suka membuat video dengan videopad, kali ini penulis akan memberikan tutorial untuk membuat sebuah tulisan berjalan di video dengan videopad. Disini ada beberapa pilihan, anda bisa memilih teks ini berjalan dari kanan ke kiri atau sebaliknya dan bisa juga dari atas kebawah ataupun sebaliknya.

Cara membuat Tulisan/Teks Berjalan di Video dengan Videopad 

OK, jadi disini penulis memberikan 2 tutorial membuat teks berjalan, yang pertama berupa tulisan atau artikel ini sendiri serta yang kedua berupa tutorial dalam bentuk video.

Cara Membuat Teks Berjalan Pada Video

  1. Tentunya, yang pertama buka terlebih dahulu videopad anda
  2. Masukan video yang akan kita berikan tulisan berjalan
  3. Jika video sudah berada di media list, silakan tarik video tersebut kedalam timeline videopad seperti biasa.
  4. Kemudian pada Overlay Track, klik kiri pada ikon tambah atau perhatikan gambar dibawah ini
  5. Setelah itu akan terbuka kotak dialog baru bernama new overlay, jangan lupa centang Teks, kemudian masukan kalimat atau kata yang akan kita buat berjalan didalam video, perhatikan gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya
  6. Setelah selesai memasukan kalimat, silakan klik kiri OK, maka secara otomatis kalimat yang anda tambahkan tadi akan muncul pada preview project kita
  7. Sebelum anda memberikan effect berjalan, ada baiknya anda mengatur besar kecilnya, warna dan sebagainya. Pada pengaturan teksnya. Perhatikan gambar dibawah ini, anda dapat melihat pengaturan sizenya, opacity, warna tulisan dan sebagainya. Untuk kegunaannya lebih detail silakan ke artikel berikut
  8. Setelah selesai mengatur gaya teks anda, sekarang kita akan memberikan effect pada teks tersebut, perhatikan pada pengaturan size teks kita, disana ada menu scroll, klik kiri menu scroll tersebut, maka akan terbuka 4 effect seperti gambar dibawah ini
    Pilihlah salah satunya dimana top to bottom akan membuat teks anda bergerak dari atas kebawah, bottom to top akan membuat teks anda bergerak dari bawah ke atas, left to right akan membuat teks berjalan dari kanan ke kiri dan right to left adalah kebalikan dari left to right.
  9. Dalam tutorial ini penulis memilih left to right agar tulisan yang berada divideo berjalan dari kanan kekiri seperti berita-berita yang dapat anda saksikan di TV.
  10. Setelah anda selesai memilih effect tersebut, sebenarnya sampai disini tutorial ini sudah selesai, namun anda dapat mengatur durasi teks tersebut, semakin lama durasi teks tersebut maka semaking lambat pula tulisan anda bergerak, untuk mengatur durasi anda dapat mengarahkan pointer anda pada ujung overlay track teks anda, kemudian klik kiri lalu tarik kekanan untuk menambah durasi atau tarik kekiri untuk mengurangi durasi. Perhatikan gam bar dibawah.

Sampai disitu adalah cara menambah teks berjalan pada video menggunakan videopad. Namun untuk teman-teman yang mungkin belum mengerti tulisan ini, penulis sudah siapkan sebuah video yang menjelaskan bagaimana cara menambah teks yang berjalan didalam video. Berikut :

Video Cara Menambah Tulisan Berjalan Didalam Video



Jika selesai membuat teks berjalan, silakan save project anda, namun penulis menyarankan agar mengikuti step-step render atau save video di videopad pada artikel dibawah ini.
Tidak lupa pula, sebagai identitas video anda, berilah sedikit logo atau watermark sebagai identitas ciptaan anda, untuk menambahkan logo pada video silakan ke artikel berikut.
Nah, itulah tadi video dan artikel yang menjelaskan bagaimana cara kita membuat tulisan atau teks yang berjalan didalam video dengan menggunakan sofware komputer/pc yang bernama Videopad.

0 komentar