Cara Memasukan atau Menambah Lirik Lagu Karaoke Pada Video

Tutorial kali ini adalah bagaimana cara kita menambahkan sebuah lirik lagu kedalam video music. Jadi jika anda mempunyai lirik lagu dan kebetulan mempunyai video music yang sama dengan lirik lagu anda, kenapa anda tidak mencoba tutorial berikut?
Penulis membagi dua tutorial menambahkan lirik lagu kedalam videopad, yaitu:
  1. Menambahkan lirik lagu dengan menggunakan Overlay Track pada timeline videopad
  2. Menambahkan lirik lagu dengan menggunakan fitur subtitle dalam videopad
Pada tutorial kali ini, kita akan belajar menambahkan lirik lagu dengan metode nomor satu yaitu menambahkan lirik lagu dengan menggunakan Overlay Track pada timeline videopad, cara ini sama dengan yang penulis publikasikan 1 minggu yang lalu dalam bahasa inggris pada link berikut How to add credits or overlay in video.

Tutorial yang satu ini hampir sama dengan tutorial yang telah saya bagikan tentang bagaimana cara kita menambahkan logo kedalam video, karena didalam tutorial tersebut kita juga akan menggunakan fitur overlay. berikut tutorial dan persiapan cara mudah menambahkan lirik lagu pada sebuah video dengan videopad editor.

Cara Edit atau Menambah Lirik Lagu Pada Video

Persiapan

  • Video Musik
  • Lirik lagu dalam bentuk dokumen seperti notepad atau didalam microsoft word

Tutorial

  1. Seperti biasa buka videopad anda
  2. Masukan video music anda yang akan kita tambahkan lirik lagu tersebut kedalam videopad
  3. Setelah video sudah masuk kedalam media list, silakan klik kiri + tahan video tersebut lalu seret kedalam timeline videopad anda.
  4. Sampai disini saatnya kita menambahkan lirik lagu, pertama putar video music anda yang berada didalam timeline atau dengan menekan tombol space pada keyword pc anda, perhatika gari merah yang berjalan kekanan, itu adalah tanda dimana posisi video anda yang sedang terputar.
  5. Perhatikan dibagian mana, awal video music anda mulai bernyanyi, jika anda sudah menemukan awal video anda bernyanyi silakan stop dengan menekan space kembali, otomatis perputaran video music anda akan berhenti.
  6. Klik icon tambah yang sejajar dengan Overlay Track, atau perhatikan gambar dibawah ini
  7. Setelah itu muncul sebuah kotak dialog baru tentang pengaturan Overlay Track.
  8. Centang Teks, Sampai disini bukalah lirik lagu anda, lalu copy lirik pertama dari lagu tersebut kedalam kolom teks yang anda lihat di videopad, atau perhatikan gambar dibawah ini, kemudian setelah selesai klik OK.
  9. Otomati lirik pertama anda akan muncul dibawah video music anda, sampai disini kita dapat mengatur lirik lagu kita tersebut, perhatikan gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya
  10. Pada gambar diatas kita dapat mengatur gaya lirik lagu kita, seperti besar kecilnya, penempatannya namun saya rasa penempatan untuk lirik lagu sudah ok untuk defaultnya. Untuk mengetahui fungsi-fungsi pengaturan dari overlay track silakan keartikel berikut
  11. Disini kita juga dapat mengatur durasi lirik lagu tersebut jika dirasa kurang pas dengan video music kita. Caranya cukup mudah silakan aktifkan lirik yang akan kita rubah durasinya dengan cara klik kiri pada media lirik tersebut yang berada pada overlay track, kemudian arahkan pointer mouse anda ke ujung lirik lagu tersebut, otomatis pointer akan berubah fungsi untuk mengatur durasi, silakan klik kiri lalu tahan kemudian arahkan kekanan atau kekiri untuk mengatur panjang pendeknya lirik lagu akan tampil
  12. Untuk lirik berikutnya, lakukan hal yang sama sampai semua lirik lagu dan video music anda menyatu dengan sempurna seperti tutorial diatas.
  13. Terkahir tentunya save video music anda.
Nah mungkin penulis sangat terbatas dalam menyampaikan maksud penulis kedalam sebuah tulisan atau mungkin anda masih kurang paham akan tutorial menambahkan lirik lagu kedalam video music, dibwah ini adalah tutorial yang sama namun menggunakan media video, agar anda dapat mengerti dengan mudah.

Video Tutorial



Ok Setelah semua pekerjaan anda selesai tentu hasil akhirnya kita akan merender atau save video kita, penulis merekomendasikan artikel dibawah ini untuk save atau render video kita di videopad dengan hasil yang maksimal.

Untuk tutorial yang lain silakan browser di blog ini, anda juga dapat merequest tutorial khusus menggunakan videopad editor, untuk tutorial kedua yaitu menambahkan lirik lagu dengan fitur subtitle didalam videpad, penulis sudah postingakan di artikel dibawah ini, mungkin judulnya berbeda sedikit namun tutorial dibawah ini bisa juga kita manfaatkan untuk membuat atau menambah lirik pada video dengan mudah.

Ok itu tadi tutorial menambah lirik lagu pada video, saya Rhamly dari RWFilm, semoga bermanfaat.

4 komentar