Gagal Save/Eksport di Videopad Video Editor

Kenapa videopad tidak bisa disave? Biasanya ini terjadi saat eksport video gagal terus kemudian otomatis keluar browser sendiri. Untuk masalah ini sebenarnya tergantung komfigurasi yang kalian gunakan pada saat ingin menyimpan video di videopad, untuk contoh kasus saat kamu ingin menyimpan file video yang telah kamu edit dengan ekstensi .AVi dan sebagainya, kemudian keluar error disertai dengan munculnya browser yang menagarah pada link tertentu.

Masalah :


Contoh khusus, ketika kalian akan save video hasil editan kamu, muncul pesan seperti dibawah ini serta browser terbuka otomatis.

An-install on demand component could not be installed automatically. Please run it from the url below then try again.

Pesan untuk kasus diatas tersebut menginstrusikan kamu untuk menginstal komponen mp3el.exe agar dapat melanjutkan proses save.

Solusi :


Sebenarnya, ini bukanlah error kerusakan pada software videopad, tapi ini terjadi karena kamu belum menginstall komponen yang diperlukan untuk save/eksport di videopad, dalam contoh diatas komponen untuk ekstensi file .AVI, makanya muncul browser yang sebenarnya mengarahkan kamu untuk mendownload komponen yang diperlukan, jadi saat kalian terhubung dengan internet, otomatis mendownload komponen tersebut.

Setelah terdownload, kalian install saja, kemudian coba ulangi proses exportnya atau save video, pasti berhasil.

Lalu bagaimana jika kalian sedang offline saat itu, untuk masalah yang seperti ini, penulis memberikan saran agar kalian lebih baik mendownload semua component dari videopad tersebut, jadi jika nantinya terjadi error lagi pada hal-hal tertentu seperti ketika kalian ingin mengedit file suara tertentu seperti rekaman suara dan lainnya, pada saat kalian mengimportnya atau memasukan file tersebut, akan muncul error baru lagi, kemudian browser kamu tiba-tiba saja terbuka. Ini juga merupakan masalah yang sama, yaitu kalian belum menginstall komponen yang diperlukan untuk mengedit file tersebut.
Jadi, pertama kalian download dulu componentnya di website NCH pada link resminya di http://www.nch.com.au/components

Untuk alternative, penulis sudah download semua komponen yang ada di website diatas dan menjadikannya satu file dalam bentuk Winrar, jadi kalau memang kalian mau download semuanya sekaligus, silakan klik link dibawha ini:

All component Videopad

Untuk tambahan, untuk videopad versi 4.xx atau yang paling baru saat ini 5.x.x memerlukan komponent x264enc7.exe, jadi kalian download komponen tambahan dibawah ini

Komponen x264enc7.exe

Jika sudah didownload buka file tersebut, pilih salah satu component yang diperlukan atau yang muncul pada pesan error.

Proses install komponen videopad sangat cepat, palingan 1 sampai 5 detik saja pasti akan langsung muncul notifikasi bahwa installed component successful

Itu dia untuk solusi masalah videopad video editor yang tidak bisa atau gagal mengexport video (Menyimpan video). Jika masih adalah masalah lain atau kurang mengerti kalian bisa tanyakan dikomentar.

0 komentar