Cara Mudah Menstabilkan Video Yang Goyang dengan Videopad

Goyang, Gempa Bumi dan bergetar. Kalian punya video seperti itu tidak? Yang penulis maksud adalah saat kita mengambil  sebuah video dengan kamera, tiba-tiba setelah kita preview videonya ternyata suka goyang doyok. Hehe bercanda.
Ok kali ini penulis akan membahas bagaimana cara mengurangi dan menghilangkan guncangan pada sebuah video baik berupa getaran ataupun gempa bumi yang disebabkan oleh cameramen. Haha. Ok kalau masalah yang satu ini penulis sebagai editor, sudah sangat paham dan banyak menemukan hal ini. Why? Karena penulis bukan editor tingkat dewa atau editor para filmmaker besar, disini penulis biasanya kalau buat film sama sutradara pemula, cameramen pemula, semua kru serba pemula, ditambah tidak pakai tripod, tidak punya peralatan dan yang paling parah, kamera dipinjam. Haha.

Maaf, diparagraf diatas penulis sedang curhat. Ok kita ketopik pembahasan. Baik langsung saja, Disini kita akan belajar mengurangi goyangan, getaran ataupun gempa yang ikut terekam didalam video. Sebenarnya hal ini salahnya cameramen, tapi kalau terlanjur atau kalian sebagai tim produksi independent, mau di apa, kita hanya bisa menguranginya dengan software editing. Mau marah toh mereka tidak digaji. Hehe. Namanya juga belajar.

Dengan videopad kita bisa mengurangi yang namanya getaran pada video. Caranya sangat sederhana, saya anggap kalian sudah memasukan video kedalam videopad.


Setelah video sudah berada pada media list di videopad, kalian bisa klik kanan pada klip video tersebut, kemudian pilih Stabilize Video. Nanti akan muncul kotak box baru seperti gambar dibawah ini


Untuk pengaturannya, kalian bisa sesuaikan sendiri, Quality yang dimaksud disana bukan kualtas dari stabilizer, tapi kualitas dari hasil konverternya, karena setelah getaran pada video dihilangkan dengan otomatis video kalian dikonverter lagi menjadi file baru, jadi pilih saja qustom atau default, tapi kalau kalian ingin tetap menjaga kualitas converternya, penulis sarankan untuk memilih Premium.
Untuk Save converterd file to: itu adalah pengaturan untuk letak hasil converter video kalian, biarkan saja seperti itu, difaultnya nanti file videonya berada di folder Video pada Hardisk kalian. Setelah selesai mengatur langsung klik OK, proses stabilized video akan berjalan, kurang lebih seperti gambar dibawah ini.


Lama atau tidaknya proses stabilizer ini dipengaruhi dengan durasi video kalian, kalau sudah selesai nanti muncul gambar seperti dibawah ini


Pilih Yes, kalau kalian ingin mengganti file yang belum di stabilkan dengan file video yang sudah distabilkan (Menimpa), pilih No kalau kalian ingin mengimport video yang sudah distabilkan menjadi file baru didalam media list(Duplicate). Pilih cancel kalau kalian ingin membatalkan.
Jadi disini. Penulis pilih, dengan otomatis, file yang sudah terkonver dan belum sama-sama di import kembali kedalam videopad. Seperti gambar dibawah ini


Jadi video yang namanya ada kata Stabilized, itu adalah video yang sudah distabilkan. Kalian bisa perbandingkan dengan yang belum dan yang sudah distabilkan, pasti hasilnya sangat terasa.
Disini kalian bisa menstabilkan beberapa video sekaligus, caranya kalian tinggal tandai semua video yang ingin kalian hilangkan getarannya atau goyangannya, kemudian klik kanan dan pilih Stabilized, cara sama seperti tadi.

Ok mungkin sudah cukup untuk tutorial cara stabilized video didalam videopad. Oh iya untuk tambahan bagaimana jika kalian sudah mengatur video kalian didalam Timeline, menyusunnya dengan rapi, namun kalian lupa menstabilkannya? Tenang, kalian tinggal pilih saja videonya atau tandai semua video pada medialist yang sudah terlanjur dimasukan kedalam timeline. Lalu klik kanan, pilih stabilized, hingga pada pilihan terakhir, Kalian pilih Yes agar video tersebut baik ditimeline dan dimedia list ditimpa dengan video yang sudah di stabilkan.

Ok, sepertinya tambahannya lebih panjang yah hehe. Bagi kalian yang kurang mengerti, kalian bisa berkomentar dibawah, semoga bermanfaat.


0 komentar