Membuat Video Dari Foto Dengan Mudah (Video Slide)

Membuat video dari kumpulan foto. Tutorial ini tergolong sangat simple dan dapat kita golongkan kedalam tutorial tingkat kedua, karena disini kita sudah melewati pengenalan-pengenalan tentang videopad serta fungsi-fungsi tiap tools didalam videopad. Namunn jangan salah, sesimpel apapun cara membuat foto menjadi video atau beberapa foto menjadi video, tidak semua orang tau cara membuatnya.
Baca alasan saya menggunakan Videopad pada artikel berikut:

Jika anda mempunyai kumpulan foto yang ingin anda jadikan dalam bentuk video, maka tutorial ini sangat cocok untuk anda, mungkin anda mempunyai foto-foto kenangan manis, atau mungkin ada teman anda yang lagi ulang tahun dan anda akan membuat video ulang tahun dari berbagai foto. Maka sekalilagi tutorial ini adalah jawabannya. Ok langsung saja berikut adalah tutorial bagaimana cara membuat video dari berbagai foto.

Mengedit/Membuat Video Dari Beberapa Foto Dengan Mudah

Persiapan Sebelum membuat Video dari beberapa Foto

  • Siapkan terlebih dahulu Foto-foto yang akan kita jadikan video
  • Siapkan File audio(suara) berupa Musik. Ini untuk tambahan saja.

Tutorial

  1. Tentunya buka Videopad anda
  2. Masukan foto yang telah kita siapkan tadi kedalam videopad, klik add media lalu pilih foto yang telah kita siapkan, atau dengan cara drag dan drop kedalam videopad agar lebih cepat. Perhatikan gambar dibawah ini

    Cara Mudah Membuat Video Dari Foto
  3. Masukan foto anda kedalam timeline videopad, caranya sederhana tinggal tandai foto yang ingin kita masukan kedalam timeline, klik kiri + tahan lalu geser ke dalam timeline
  4. Lakukan hal yang sama untuk foto yang lain, sampai semua foto yang telah kita masukan kedalam videopad didalam area timeline
  5. Samapi disini, kita bisa mengatur urutan foto, seperti foto yang pertama akan muncul, kedua dan seterusnya, caranya cukup mudah, pilih foto yang akan dipindahkan lalu geser kekiri atau kekanan sesuai selera anda, lakukan juga pada foto yang lain hingga dirasa cukup.
  6. Kita juga bisa mengatur durasi tiap foto. Kita bisa memvariasikannya, Pilih foto yang akan kita atur durasinya, lalu atur durasinya pada bagian Duration in seconds pada area selected clip preview, atau lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.

    Mengedit/Membuat Video Dari Beberapa Foto Dengan Mudah
  7. Setelah semua durasi foto atau beberapa foto telah anda atur durasinya, kita dapat menambahkan transisi atau efek perpindahan foto yang satu ke foto yang lain, caranya sangat sederhana, silakan klik kiri pada foto yang akan kita berikan animasi transisi, lalu pilih tab transitions yang bersebelahan dengan tab media list, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini

    Membuat Video Dari Beberapa Foto Dengan Mudah
  8. Setelah berada pada tab transisi silakan pilih animasi transisi yang anda sukai
  9. Untuk save animasi transisi anda, silakan klik aply. Sebelum save animasi transisi anda, anda dapat mengatur durasi transisinya disebelah tombol aply.
  10. Sampai disini, anda bisa berkreasi sesuka hati. dan jangan lupa tambahkan audio/music seperti yang telah kita persiapkan tadi.
  11. Masukan file music anda kedalam videopad.
  12. Tambahkan file music anda ke timeline, dengan cara klik kiri + tahan pada file music yang berada pada media list lalu geser kedalam timeline area lebih tepatnya audio track
  13. Atur file suara anda terlebih dahulu, lalu save atau rendering hasil karya anda.

Video Tutorial Membuat Video dari Foto



Sebelum save video anda alangkah lebih lengkapnya anda menambahkan logo pada video anda, tutorialnya ada pada artikel berikut:


Untuk save atau proses rendering sudah penulis bahas dalam artikel Tips Rendering/Save proyek di videopad, kebanyakan ketika kita pertama kali menggunakan videopad dan saat kita selesai render sebuah proyek hasil yang kita dapatkan kurang memuaskan, pertama kali penulis menggunakan videopad hasil yang penulis dapatkan sangat buruk, gambarnya pecah-pecah tidak sampai disitu renderingnya mengambil waktu yang lama pula, sejalan dengan waktu akhirnya penulis mendapatkan settingan render terbaik dengan videopad. Mau tau silakan ke artikel berikut:




Nah, sampai disini tutorial cara membuat video dari berbagai foto telah selesai, anda dapat melihat hasil karya penulis dibawah ini. Karya ini saya kreasikan dengan gambar yang telah penulis siapkan terlebih dahulu, lalu penulis tambahkan efek-efek transisi mengikuti nada music yang penulis gunakan.
Demikian tadi adalah tutorial lengkap membuat sebuah foto menjadi video. Mungkin anda ingin membuat sebuah video ulang tahun untuk pasangan anda/pacar dan sebagainya dengan foto-foto kenangan anda, tutorial ini sangat penulis rekomendasikan untuk anda, Ok jika bermanfaat satu komentar dari anda sangat berarti untuk saya sebagai sukarelawan yang menulis dan mengurus blog ini dan terlebih lagi jika anda bantu penulis membagikan tulisan ini. Jika anda berminat membagikan tulisan ini silakan klik salah satu icon social media dibawah ini untuk membagikannya kepada teman-teman anda.

1 komentar: