Cara Membuat Gerakan Lambat Pada Video Menggunakan Videopad

Fast/Slow Video, sederhananya membuat video gerakan lambat seperti di film-film atau sebaliknya, dimana gerakan video menjadi lebih cepat.
Hal diatas adalah pembahasan kita kali ini, bagaimana cara membuat video gerakan lambat atau gerakan cepat menggunakan videopad? Itu sangat mudah. Jika kita tau menggunakannya. Hehe.


Di videopad, sudah disedikan yang namanya fitur effect. Salah satu fiturnya adalah efek speed, dimana Efek speed tersebut bisa kamu gunakan untuk membuat video gerakan lambat ataupun sebaliknya.

Untuk kelas kakap, seperti filmmaker advance keatas, untuk membuat efek gerakan lambat ini, mereka bukan hanya mengandalkan video editing, atau hanya memberi efek samata. Karena membuat gerakan lambat yang berkualitas tinggi, kita perlu merekamnya menggunakan kamera yang sudah mendukung 60 fps atau 50 fps.


Penulis tidak akan membahas panjang tentang kamera yang digunakan, intinya disini kita bisa mengerti bagaimana cara menggunakan fitur effect speed pada videopad, baik membuat slow speed atau fast speed.

Jadi, saran dari penulis jika memang kalian baru belajar, kalian fokus saja untuk belajar, tidak usah pedulikan format videonya bro, yang penting mengerti cara membuatnya dulu. Ok? Jadi kita langsung saja ketutorial videopadnya.

Langsung saja, seperti biasa kalian sudah masukan video kalian kedalam videopad. Untuk cara dasar seperti ini sudah penulis sampaikan di artikel-artikel sebelumnya, silakan cek sendiri yah.

Setelah video sudah berada di timeline videopad, tentukan dulu, video sepenuhnya mau diberi efek gerakan lambat atau hanya durasi tertentu, cohtonya video aslinya berdurasi 1 menit. Yang kalian mau buat menjadi gerakan lambat hanya pada durasi detik ke 0  sampai detik ke 5.



Solusinya kalian tinggal potong dulu videonya dengan split, jadi disini saya potong dari deti ke 0 (pertama) sampai detik ke 5.Otomatis video akan menjadi seperti ilustrasi dibawah ini (Menjadi dua bagian video)

Lanjut, lihat pada samping kiri atas untuk versi 2.41 ada Tab Effect dan untuk versi terbaru silakan cari tab effect bagian atas menu.

Di tab effect kalian akan menemukan banyak fitur effect, apalagi untuk versi terbaru, efeknya semakin banyak, Pilih effect Speed, maka akan muncul tab effect speed pada bagian kiri videopad, perhatikan gambar dibawah ini


Keterangan gambar diatas, untuk ‘Play Clip Normally’ biarkan saja seperti itu, disini kita hanya akan mengatur speednya (Kecepatan)

Perhatikan speednya dalam bentuk persen (%), Semakin kecil speednya gerakan video semakin lambat, semakin tinggi speednya maka gerakan video akan semakin cepat.


Jadi dalam contoh diatas, video awalnyakan berdurasi 5 detik, yaitu dari detik pertama sampai detik ke 5, setelah penulis mengungari speednya, maka videonya akan bertambah durasinya.

Contoh penulis mengurangi speednya menjdi 50%, maka video yang telah dipilih tadi durasinya akan bertambah menjadi 9,5 detik seperti gambar dibawah ini


Coba kalian preview, hasil preview akan menunjukan video kalian berjalan dengan lambat atau gerakan lambat

Contoh penulis menambah speednya menjadi 150%, maka video yang telah dipilih tadi durasinya akan akan berkurang menjadi 3,2 detik, seperti gambar dibawah ini



Setelah di preview, gerakannya menjadi sangat cepat.

Terakhir, tentunya save video kamu. Jadi tutorialnya sangat sederhana, sebenarnya tutorial membuat gerakan lambat bahkan tutorial untuk membuat durasi terbalik sudah penulis posting di Youtube, tapi karena ada sedikit masalah di youtube, akhirnya semua video tutorial videopad untuk saat ini tidak bisa ditayangkan.

Dengan tutorial ini, mungkin kalian bisa membuat video dimana saat si actor melompat, tiba-tiba waktu tiba-tiba berjalan sangat lambat, jadinya seperti gerakan lambat di tv-tv itu. Hehe.

Untuk tips, kalau mau membuat gerakan lambat coba-coba 20-50% untuk speednya. Tapi kalau memang video kamu berformat 50-60fps, lebih lambat pasti lebih bagus.

Yang perlu kalian hindari dari membuat gerakan lambat adalah jangan terlalu lambat nantinya frame video biasanya menampilkan seperti bayang-bayang frame sebelumnya, sebenarnya ini tidak jadi masalah sih, hitung-hitung tambah efeknya lagi, hehe.


Tapi yang terpenting, kita tau dulu cara membuat efeknya, yang lainnya nanti ngikut. Ok itu dia tutorial kali ini, semoga bermanfaat.

0 komentar