Cara Mudah Membuat Intro Opening Video Atau Pembuka Video Keren

Intro atau pembuka pada sebuah video ataupun film, jika kamu pernah menonton film yang awalnya ada sebuah animasi logo pembuka atau kata-kata pembuka yang terletak pada awal film tersebut, itulah yang dinamakan intro atau video opening. Video opening juga biasa kita dapati di video-video Youtube. Untuk membuat Video Opening atau intro kita bisa juga membuatnya secara online, namun kali ini kita akan membuat sebuah intro film atau video menggunakan Videopad (Offline).

Cara Mudah Membuat Intro Opening Video Atau Pembuka Video Keren

Intro yang akan kita buat ini mungkin terlihat sederhana tapi tunggu dulu, intro ini bisa dikategorikan sederhana tapi tetap keren atau istilahnya elegan. Mungkin kamu pernah mendengar intro Blockbuster. Taukan intro tersebut? Kalau tidak tau, yah sudahlah. Kita lanjut saja.
Ok langsung saja, untuk persiapan, disini saya siapkan File Musik yang memang sudah penulis tentukan sebelumnya, jadi sebenarnya membuat animasi atau video yang keren itu tergantung dari mengkombinasikan gambar dengan suara, usahakan pilih file music yang setidaknya mendukung untuk dijadikan music beackground intro video yang akan kita buat.

Sebelum ketutorial, disini penulis sudah mempunyai beberapa tutorial yang dapat kamu jadikan referensi tambahan agar tidak terlalu pusing mengikuti tutorial dibawah ini, berikut beberapa tutorial videopad lainnya :

  1. Membuat teks Berjalan di Videopad
  2. Cara Menggabungkan musik dengan video
  3. Cara render atau save dengan benar divideopad

Tutorial VIdeopad Membuat Intro (Opening) Video


  1. Pertama, tentunya buka videopadnya, disini saya menggunakan videopad versi 2.41
  2. Setelah itu buat Blank page warna hitam, atau gambar berwarna hitam, disini kita menjadkan latar warna hitam ini jadi background intro video kita. Lebih jelasnya untuk membuat Blank Page di videopad silakan lihat gambar dibawah ini. Nomor 1 untuk membuat blank page, nomor 2 blank page akan muncul pada timeline.

    Cara paling mudah membuat intro film video keren sederhana simpel
  3. Setelah itu kita bisa membuat beberapa blank page berwarna hitam atau cukup satu tapi kita menambah durasinya sesuai dengan video yang akan kita buat.
  4. Kemudian kita tambahkan TEKS. Klik kiri pada ikon “Plus” (Tambah) disamping kiri. Perhatikan gambar dibawah ini:

    Membuat intro film keren

    nomor 1 untuk menambahkan teks, nomor 2 akan muncul ketika kita sudah klik kiri pada nomor 1, di nomor 2 nanti kita masukan teks untuk intro video kita.
  5. Akan muncul kota box baru, langsung saja kita masukan teks pada kolom yang muncul, untuk contoh saya masukan kata “Opening”.
  6. Setelah selesai kita klik OK, otomatis muncul track baru dibagian Overlay Track. Track baru itu adalah teks yang baru kita buat.
  7. Disini kita masih bisa mengatur teks tersebut seperti bentuk hurufnya atau FONT, besar kecil hurufnya, posisinya dan effect fading pada teks. Perhatikan gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.

    Cara mudah membuat opening video dengan videopad

    Nomor 1 untuk mengatur gaya tulisan atau font. Nomor 2 untuk ukuran, nomor 3 untuk mengatur posisinya, nomor 4 untuk mengatur posisinya dengan nilai tertentu.
  8. Ok setelah mengatur gaya dari tulisan tersebut, kita buat teks baru lagi, caranya seperti cara pertama saat membuat teks tadi.
  9. Saat membuat teks, kita juga bisa menambahkan dua teks dalam waktu yang bersamaan atau dalam satu durasi yang sama. Coba perhatikan gambar dibawah ini.

    Membuat intro video atau pembuka video
  10. Kemudian kita bisa menambahkan musik, untuk menambahkan music mungkin penulis sudah share pada artikel rekomendasi diatas, silakan baca terlebih dahulu.
  11. Setelah selesai kita bisa save atau rendering.

Nah begitulah cara sederhana membuat intro video atau opening pada video baik untuk keperluan youtube atatupun film yang sedang kamu kerjakan, atau mungkin teman-teman sekalian ingin melihat video tutorial dari artikel ini, silakan cek video penulis yang telah di update di youtube, oh iya jangan lupa SUBSCRIBE yah.

i
Video Tutorial Membuat Intro Opening Video dengan Videopad




Ok, terkahir saran dari penulis sebenarnya membuat intro itu yang harus kamu perhatikan adalah kesesuaian music dengan gambar yang kita tampilkan jadinya nanti semaking keren walaupun gambar yang kita tampilkan hanya gambar teks yang sederhana.

Untuk kamu yang masih bingung, masih tidak paham bagaimana cara membuat intro pada video dengan videopad, bahkan masih belum mengerti padahal sudah nonton video tutorial diatas, silakan berkomentar, penulis usahakan untuk membalasnya dengan cepat.

0 komentar