Cara Mengurangi Durasi Video atau Memotong Video

Cara potong video dengan computer. Cara paling mudah mengedit video seperti memotong-motong atau menggabungkan dua video di computer adalah dengan menggunakan software videopad. Dalam tutorial kali ini kita akan memotong video dengan PC menggunakan software Videopad versi 2.41, oh iya sekedar pemberitahuan, bahwa hampir semua tutorial bahasa Indonesia yang penulis bagikan disini menggunakan videopad versi 2.41, untuk yang ingin mendownload, silakan kehalaman dibawah ini:

DOWNLOAD VIDEOPAD

Tutorial kali ini kita akan belajar memotong video dengan metode yang ketiga, metode yang ketiga ini kita akan memanfaatkan fitur videopad yang berfungsi mengatur durasi media kita pada timeline, dimana fitur durasi dapat kita manfaatkan menjadi tools pemotong di videopad secara manual.
Teknik memotong video dalam aplikasi Videopad editor dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:
Cara memotong video

  • Tekni memotong dengan memanfaatkan fitur bawaan dari videopad, dengan kata lain fitur ini memang di buat untuk memotong sebuah video.
  • Tekni kedua, kita dapat memanfaatkan fitur Split dari Videopad Editor, Fungsi Split sebenarnya untuk membagi dua sebuah video, namun tentu dengan fitur Split kita juga dapat menjadikannya sebagai pemotong video
  • Untuk tekni ketiga kita memanfaatkan fitur Timeline dari videopad, dimana didlam timeline kita dapat dengan mudah menggeser sebuah media yang akan kita rubah durasinya. Sederhananya kita memotong video dengan memanfaatkan fitur yang berfungsi untuk mengatur durasi media.

Hanya dengan teknik memotong kita dapat membuat video-video yang unik, untuk contoh pada tulisan ini, penulis mempunyai satu video hasil iseng-iseng hanya dengan teknik memotong di videopad, saksikan dibawah ini:



Video diatas penulis membuatnya dengan videopad dan memanfaatkan teknik memotong yang saya share disini. Bagaimana? Setidaknya buat penulis video di atas sudah sangat luar biasa karena hanya dengan teknik memotong kita dapat membuat video tersebut, ok tanpa panjang kali lebar, berikut tutorialnya:

TUTORIAL MEMOTONG/SPLIT VIDEO TAHAP KETIGA

  1. Terlebih dahulu buka videopad anda
  2. Dengan cara manual klik add media yang berada pada menu bar sebelah kiri atas, atau Add Media anda kedalam videopad kemudian seret masuk kedalam Timeline, lebih jelas lihat gambar dibawah ini

    Tutorial Videopad - Mengurangi durasi video atau memotong video
  3. Tentunya, tentukan terlebih dahulu dimana atau menit kebara kita akan buang/memotongnya.
  4. Setelah selesai menentukannya, arahkan pointer mouse anda ke pinggir/ujung video yang akan kita potong
  5. Otomatis, icon pointer kita akan berubah, perhatikan gambar dibawah ini
  6. Setelah itu, klik kiri+tahan.
  7. Geser pointer/mouse anda ke kanan jika yang akan anda potong dari awal video atau kekiri jika yang akan kita potong dari akhir video.
  8. Perkirakan video anda telah tergeser ke durasi yang telah anda tentukan tadi, lalu lepas klik kiri anda
  9. Jika masih ingin mengurangi atau mungkin menambah durasi, lakukan langkah yang sama seperti diatas. lihat contoh dibawah ini

    Cara memotong video di videopad
Untuk mempermudah teman-teman sekalian dalam mempelajari teknik memotong bagian ketiga ini, penulis sudah mempersiapkan tutorial dalam bentuk video, silakan saksikan dibawah ini:

VIDEO TUTORIAL MEMOTONG VIDEO DENGAN VIDEOPAD




Jika anda menyaksikan video tutorial di atas, anda akan mengetahui bahwa teknik ini dapat kita gunakan untuk mengatur durasi file yang berupa gambar dan sebagainya. Cara sama seperti langkah-langkah diatas.
Bedanya tutorial memotong dengan videopad yang pertama dan kedua dengan yang ketiga (Pada tutorial kali ini) adalah cara yang ketiga lebih simple, anda tidak perlu lagi menghapus secara manual bagian video yang akan kita buang/potong. Akan tetapi dengan mengkombinasikan ketiga trik memotong tersebut anda akan mendapatkan hasil potongan yang lebih halus, salah satu contohnya yang penulis sajikan pada bagian atas awal artikel ini.

Setelah memotong tentu ada proses penggabungan, untuk yang ingin mengtetahui cara menggabungkan dua video dengan videopad silakan ke artikel dibawah ini:

Setelah anda selesai membuat proyek anda, saatnya save/rendering proyek anda menjadi video, nah penulis mempunyai tips untuk save/rendering proyek kita agar lebih optimal dan lebih cepat dalam merender proyek kita, untuk mengetahui silakan ke artikel dibawah ini.

Ok, itu tadi adalah tutorial memotong video yang terakhir dengan menggunakan Videopad, semoga bermanfaat.

1 komentar: