Cara upload video ke youtube dari videopad

Kali ini penulis akan berbagi sebuah tutorial yang sangat berguna bagi anda para youtuber. Jika anda sering mengupload video, dimana video tersebut anda edit terlebih dahulu lalu menguploadnya ke chanel youtube anda, maka software yang penulis rekomendasikan untuk anda adalah Videopad Editor. Selain mudah dalam mengupload hasil editing anda kelebihan videopad adalah software yang ringan dan berkualitas, untuk mengetahui tentang videopad lebih jauh silakan ke artikel berikut.
Aplikasi/software untuk edit video youtube.
Hal ini sering saya lakukan beberapa contohnya adalah video tutorial videopad yang berada disini sebagian saya upload menggunakan videopad, kelebihan cara ini adalah anda tidak perlu lagi merender/save proyek anda terlebih dahulu menjadi file video lalu menguploadnya ke youtube melalui browser anda dan tentunya secara manual, namun dengan tutorial ini anda tidak perlu lagi melakukan semua hal tersebut.

Cara upload video ke youtube dari videopad

Ok berikut adalah tutorial upload proyek/video yang sedang di edit kedalam youtube
  1. Paling utama sudah tentu buka videopad anda seperti biasa.
  2. Buatlah sebuah proyek video anda, atau load proyek anda yang telah disimpan namun jika anda baru dalam videopad dan ingin membuat karya pertama anda maka artikel dibawha ini dapat membantu anda dalam memahami videopad:
  3. Setelah proyek anda sudah selesai, saatnya kita Save proyek kita seperti biasa
  4. Klik Save Movie, pilih upload dan isikan data-data untuk melengkapi video anda, seperti username dan password, selengkapnya lihat gambar dibawah ini

    Cara upload video ke youtube dari videopad
    Ket : Username isi dengan email google anda yang anda gunakan untuk login kedalam youtube, password isi dengan password anda, Title isi dengan judul untuk video anda, Deskripsi isi dengan keterangan tentang video anda, kategori isi dengan kategori apa video tersebut biasanya kalau penulis mengupload video tutorial penulis memasukannya kedalam kategori pendidikan, dan satu lagi yaitu keywords, nah ini dia yang saya sukai dari videopad, keywords adalah kata kunci untuk video anda, oh iya hamper lupa, untuk format disesuaikan saja, biasanya penulis menggunakan format youtube HQ.
  5. Setelah semua terisi, langkah terakhir tinggal klik OK, maka sekarang tinggal menunggu saja hingga video anda berhasil di upload kedalam youtube
  6. Untuk memastikan video anda, anda bisa membuka di browser anda lalu masuk ke chanel anda lalu perhatikan video yang telah anda upload melalui videopad tadi.

Sampai disini tutorial cara mudah mengupload video anda ke youtube dengan optimasi kata kunci. Sedikit tentang optimasi kata kunci, mengoptimasi kata kunci juga sangat penting untuk video anda di youtube mengingat persaingan antara video anda dan video orang lain sangat ketat. Nah, dengan mengoptimasi kata kunci ada kemungkinan video anda dapat bersaing di dunia youtuber. Mengoptimasi kata kunci juga sebenarnya banyak cara, biasanya anda menaruh kata kunci pada title, pada deskripsi dan sebagainya.
Untuk anda yang memilih untuk save/render proyek anda ke computer anda, anda bisa membaca artikel dibawah ini, karena merender dengan settingan default videopad hasilnya kurang maksimal. Seperti yang selalu saya katakan pada hamper semua tutorial di blog ini bahwa merender atau save proyek anda tanpa mengatur terlebih dahulu pengaturan rendernya sudah pasti hasil yang anda dapatkan seperti gambar pecah-pecah dan sebagainya.


Sebelum mengupload ke youtube, mengingat ketika video anda berhasil di upload, itu tandanya video anda akan bebas di akses oleh banyak orang, tidak menutup kemungkinan video anda akan di download oleh beberapa orang untuk kepentingan banyak hal. Nah untuk mencegah kepemilikan video anda, maka penulis sarankan menambahkan logo kedalam video anda, setidaknya ada tanda mata bahwa video itu adalah video milik anda. Untuk tutorialnya silakan baca artikel dibawah ini:
Saya rasa tutorial ini sangat bermanfaat, walau sedikit keluar dari topic blog ini yaitu membahas tutorial videopad, mungkin tutorial ini sebagai pelengkap untuk proyek-proyek anda di videopad.

1 komentar: